Home Berita Utama Mahasiswa HTN usulkan Pemira dalam kompetisi pemilihan DEMA dan SEMA UIN Ar-Raniry

Mahasiswa HTN usulkan Pemira dalam kompetisi pemilihan DEMA dan SEMA UIN Ar-Raniry

50
0

Advokasirakyat.id | Banda Aceh – Isra Fu’addi, mahasiswa Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum Universitas UIN Ar-Raniry mengusulkan kempetisi pemilihan Dewan Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) menerapkan sistem Pemilihan Raya (PEMIRA)

Isra Fu’addi mengatakan terhitung semenjak reformasi 1998, pemilihan pemimpin dengan menjaring partisipasi publik sebesar-besarnya semakin melekat dalam keseharian masyarakat Indonesia. Perkembangan politik itu turut pula mewarnai perpolitikan kampus. Di berbagai kampus di Indonesia, saat ini sudah jamak dikenal adanya Pemilihan Raya Mahasiswa atau biasa disingkat dengan istilah PEMIRA.

“Di UIN Ar-Raniry harus kembali menerapkan sistem Pemira, agar menjadi pembelajaran politik bagi mahasiswa. Dan kita berharap pembelajaran itu terus berlanjut. Tidak cukup hanya belajar mengelola, menjadi kontestan, menggunakan hak pilih, atau jenis partisipasi lain dalam proses pemilihan. tetapi harus pula belajar mempertanggungjawabkan keterpilihannya dengan melaksanakan amanah yang diembannya sebaik-baiknya”.

Isra menambahkan bahwa sistem yang dilaksanakan selama ini di UIN Ar-Raniry adalah sistem delegasi dari masing-masing perwakilan HMP sehingga menurutnya hal ini sangat tidak memberi pelajaran politik bagi seluruh mahasiswa.

“Sistem pemilihan delegasi proses politiknya hanya dirasakan oleh beberapa orang, sedangkan yang kita harapkan semua mahasiswa dapat belajar dari proses politik pemira yang dilaksanakan”

Isra berharap kepada para pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas dapat mengusulkan dan memperjuangkan hal ini, agar kedepan proses pemilihan DEMA dan SEMA di UIN Ar-Raniry lebih terasa dikalangan mahasiswa.

“Di Indonesia saja kita sudah menerapkan sistem demokrasi, masak dikampus masih sistem delegasi. ini pembatasan hak menentukan pilihan serta penyempit akal kemerdekaan dalam keaktivisan mahasiswa.” tutup Isra (Agus/Rls) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here