Home Barat Selatan Tripang Mutiara Laut dari Pulau Banyak

Tripang Mutiara Laut dari Pulau Banyak

29
0

Advokasirakyat.id Singkil, Menginjak kaki ketanah Pulau Banyak dengan Menempuh jarak kurang lebih 4 jam perjalanan laut dari pelabuhan Singkil meenggunakan perahu nelayan atau boat dan kadang tersedia Kapal Motor/feri milik Dinas Perhubungan, kita baru bisa melihat langsung surganya bawah laut di Pulau terluar perairan Aceh.

Salah satu kekayaan bawah laut yang harganya bak berlian bagi masyarakat kepulauan kita bisa mendapatkan sikepulauan banyak khususnya di Desa Teluk Nibung Kecamatan Pulau Banyak Aceh Singkil.

Tripang yang sering di sebut Kolong oleh masyarakat setempat dengan berbagai jenis dengan harga mencapai ratusan ribu bahkan jutaan per kilogram menjadi penghasilan utama masyarakat kepulauan, Tripang mahal karena dikonsumsi dan diolah untuk obat-obatan.
Mendapatkan dengan cara menyelam kedasar laut, Tripang dengan penuh resiko baru bisa naikkan keperahu nelayan.
Salah seorang Pengusaha Tripang di Teluk Nibung, Mamak Rahim mengolah Tripang hasil tangkapang nelayan dari mulai pembersihan sampai ketahap akhir pendiangan, Tripang baru bisa dipasarkan ke Medan Sumatera Utara dan kemudian di Ekspor keluar Negeri. [RH]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here