Home Berita Utama KSP RI Gandeng FISIP UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Merawat Kebinekaan Menuju Persatuan...

KSP RI Gandeng FISIP UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Merawat Kebinekaan Menuju Persatuan Indonesia

19
0

Advokasirakyat.id | Banda Aceh – Kantor Staf Presiden RI bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP UIN Ar-Raniry Banda Aceh) menggelar acara Seminar Nasional dengan tema “Merawat Kebinekaan Menuju Persatuan Indonesia” bertempat di Aula Biro Rektorat UIN Ar-Raniry, Rabu (11/09/2019).

Acara ini bertujuan sebagai edukasi untuk mengembalikan rasa nasionalisme generasi muda serta menumbuhkan sikap kritis dalam menyikapi informasi yang beredar dengan cepat agar tidak menjadi hoaks yang meresahkan masyarakat dan menebar perpecahan bangsa ini.

Dalam serangkaian ini, Thalal Selalu ketua panitia menyampaikan kita bisa menghadirkan pembicara kunci dari nasional dan juga ada dari Kampus biru ini, Katanya.

Hadir dalam acara ini Deputi V Kepala Staf Presiden yang diwakili oleh Tenaga Ahli Utama, Ifdhal Kasim, dan Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Warul Walidin AK, MA.

“Kedua pemateri ini menyampaikan terkait tentang strategi pemerintah dan institusi pendidikan dalam menjaga ruang publik dari penyebaran ujaran kebencian, hoaks dan disinformasi”, Ujar Thalal.

Seminar yang dipandu oleh pakar politik dari FISIP UIN Ar-Raniry Eka Januar, M.Sos.Sc., juga di isi oleh narasumber dari pihak pemerintah yang diisi oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Samuel Abrijani Pangerapan.
Pemateri sesi kedua menyampaikan upaya pemerintah dalam menangani penyebaran hoaks.

Kemudian juga hadir narasumber dari tokoh anak muda Ayu Kartika Dewi (Direktur Indika Foundation/Sabang Merauke) yang menyampaikan tentang peran anak muda dan komunitas dalam merawat kebinekaan menuju persatuan Indonesia.

Tidak kalah juga narsum dari akademisi adalah Prof. Dr. Irwan Abdullah dari Universitas Gadjah Mada dan Dr. Ernita Dewi, S.Ag., M.Hum (Dekan FISIP UIN Ar-Raniry) yang masing-masing menyampaikan strategi kolektif masyarakat dalam mencegah hoaks dan peran institusi pendidikan dalam mencegah, menanggulangi dan melawan ujaran kebencian dan hoaks.

“Seminar ini sebagai salah satu upaya dalam menanggulangi menurunnya rasa nasionalisme generasi muda, ditambah lagi dengan maraknya hoaks yang beredar yang kian menambah buruk situasi sosial masyarakat. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan UIN Ar-Raniry didukung oleh Kantor Staf Presiden RI berupaya menjadikan generasi muda Aceh sebagai bagian dari masyarakat yang dapat menyikapi berbagai permasalahan terkait beredarnya hoaks dan disinformasi dengan matang melalui kemajuan teknologi yang ada ditangannya”.

Terakhir Thalal juga berharap kemampuan generasi muda untuk menyerap informasi dengan cepat akan dapat diimbangi dengan kematangan untuk menganalisis informasi yang beredar dengan baik. Sehingga dengan prakarsa generasi muda yang hidup di era millenial diharapkan kisruh pasca pesta demokrasi di Indonesia tidak mudah tersulut lagi, Tutup Thalal selaku Wakil Dekan Bidang Akademik sekaligus menjabat ketua panitia acara. (Alja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here